Jumat, 23 Oktober 2009

WARALABA

Tips memilih Waralaba yang Baik dan Menguntungkan

Mungkin selama ini anda berfikir bahwa membeli sebuah franchise pasti selalu menguntungkan. Karena dalam sistem franchise atau waralaba, resiko sudah diminimalisir sedemikian hingga oleh pihak franchise (disebut franchisor). Pemikiran demikian memang ada benarnya, walau tidak selalu benar dalam praktek dan kenyataannya. Mengapa resiko kegagalan usaha membeli waralaba lebih kecil daripada membuka usaha sendiri? hal ini dikarenakan jika seorang memulai sebuah bisnis sendiri dengan metode “Trial and Eror“, kemungkinan gagalnya sangat besar, apalagi tidak ada rekan atau saudara yang membimbingnya dalam usaha yang baru dirintisnya tersebut. Sedangkan kalau membeli waralaba, resiko kegagalan dapat diperkecil, karena perusahaan pewaralaba (franchisor) sudah menyediakan segala sesuatunya untuk mendukung investor (terwaralaba/ franchisee), termasuk survey, metode marketing dan promosi, perizinan, bahan baku, manajemen, standar kerja/ SOP, desain interior dan lain sebagainya.

Menurut John Naisbit dalam bukunya yang berjudul Megatrends, mengatakan bahwa waralaba adalah konsep marketing yang paling sukses dalam sejarah umat manusia. Menurutnya, di USA, setiap 8 menit, lahir satu oulet waralaba. Konsep waralaba ini kemudian merambah sampai ke Indonesia, dimana 10 tahun terakhir ini banyak bermunculan pebisnis yang menawarkan konsep waralaba kepada masyarakat (calon investor). Konsep baru ini menjadi topik hangat dikalangan dunia usaha dan media bisnis. Akibatnya, semakin banyak orang yang tertarik untuk menamkan uangnya dengan membeli waralaba atau sekedar lisensi bisnis atau paling tidak mengetahui lebih detail bagaimana sistem waralaba itu sebenarnya, hal ini dapat dilihat dari ‘laris manisnya‘ buku-buku yang mengupas masalah waralaba atau franchise dan tingginya minat pengunjung di acara pameran franchise.

Namun yang perlu diketahui, bahwa ternyata tingkat kesuksesan waralaba di indonesia hanya mencapai 60% saja, sedangkan di negei asalnya, Amerika mencapai 90%. Selain itu, menurut Amir Karamoy, Ketua Waralaba dan Lisensi Indonesia yang juga pemilik Konsultan AK & Partners, menyatakan bahwa terjadi perbedaan tingkat kegagalan yang sangat mencolok antara waralaba lokal dibanding waralaba asing. Tingkat kegagalan waralaba lokal berkisar antara 50-60%, sedangkan tingkat kegagalan waralaba asing di Indonesia hanya berkisar 2% – 3 % saja.

Mengapa waralaba lokal banyak yang berguguran? Kegagalan dalam sebuah bisnis waralaba bisa dari faktor franchisor-nya atau dari franchisee-nya (investor) atau faktor akumulasi dari kedua belah pihak. Untuk sisi franchisor, kadang karena bisnis yang dia tawarkan belum terbukti menguntungkan, tapi sudah berani menawarkan konsep waralaba kepada calon investor. Coba lihat di media cetak, banyak sekali iklan-iklan yang menawarkan konsep kerja sama dalam bentuk “waralaba”, padahal belum tentu bisnisnya sudah dapat dikatagorikan sebagai “waralaba/ franchise”, bisa jadi hanya sekedar dalam bentuk “Pola Kemitraan/ Business Opportunity (BO)” atau hanya sekedar penggunaan nama merek alias lisensi.

Dari berita-berita yang beredar, ternyata memang banyak yang sukses dengan membeli franchise, artinya bisnis waralaba yang dibeli berjalan sesuai dengan harapan, dimana target penjualan sampai masa Break Event Point (BEP) dan sampai ROI (Return On Investment) alias “balik Modal” dapat terlampaui, dan akhirnya bisnis itu ibarat pohon uang, tinggal memetik keuntungan dari investasi awal.

Namun, ternyata tidak sedikit juga para investor yang membeli waralaba mengalami kerugian ditengah usahanya. Memang berita-berita kerugian para terwaralaba ini jarang terpublikasi di media. Jika anda jeli, di koran-koran atau majalah, sudah sering seorang franchisee memasang iklan untuk menjual semua peralatan dan sistem waralabanya, dengan berbagai alasan. Kalau dipikir-pikir secara logika, sebuah bisnis itu ibarat pohon uang bagi si-empunya-nya (jika menguntungkan tentunya), jika sebuah bisnis di jual, pasti ada “kenapa-kenapa” sehingga dijual. Kemungkinan besar adalah usaha dengan sistem franchise yang dijual tersebut ternyata tidak menghasilkan keuntungan atau usaha franchise yang dibeli tersebut “tidak laris manis” dan tidak mencapai target penjualan, sehingga si franchisee “nombok” melulu dalam operasional bisnisnya.

Contoh diatas, mungkin hanya salah satu, kita juga mungkin sering melihat sebuah gerai waralaba yang tutup, apakah yang berbisnis di bidang resto, salon, kedai burger, toko buku, laundry, ritel, hingga lembaga pendidikan, dari yang berskala besar hingga kecil, dari yang mampu bertahan dalam beberapa tahun hingga yang beroperasi hanya dalam hitungan bulan. Namun seperti bunyi pepatah, bisnis franchise ini patah tumbuh hilang berganti, selalu muncul franchisor dan franchisee baru.

Beberapa faktor penyebab kegagalan waralaba yang paling utama adalah kegagalan meraih target penjualan yang memadai, hal ini biasanya karena tempat usaha yang kurang strategis. Faktor-faktor lainnya antara lain adalah kurangnya support dari penjual franchise kepada franchisee misalnya dalam dukungan promosi, manajemen dan lain-lain sehingga terkesan franchisee berjalan sendirian, dan ada juga yang mengatakan karena naiknya harga bahan baku dan inflasi yang berimbas pada lemahnya daya beli masyarakat secara umum. Selain itu, faktor yang tak kalah pentingnya adalah “mindset” franshisee/ pembeli waralaba yang berfikir bahwa membeli waralaba itu artinya tinggal terima untung saja dan “terlalu mengharapkan” franchisor yang bekerja, atau telalu berharap pada sistem yang bekerja. Padahal seharusnya franchisee itu juga ikut kerja keras memajukan garainya, dan mengawasi sistem apakah sudah berjalan dengan baik atau tidak. Apalagi jika bisnis yang dimasuki adalah bisis makanan yang itemnya banyak dan sangat perlu diatur manajemen logistiknya, mengingat makanan hanya tahan beberapa hari sebelum rusak. Jadi jangan sampai terbuang percuma.

Saat ini, yang paling ramai bisnis yang di-franchise-kan adalah dibidang bisnis makanan, maklumlah, karena makanan adalah merupakan kebutuhan paling pokok manusia, dan semua manusia perlu makan. Oleh karena itulah bermunculan franchise yang bergerak dibidang makanan ini, seperti yang berasal dari luar negeri antara lain : McDonnald, KFC, Dunkin Donuts, dan lain-lain. Sedangkan yang dari lokal antara lain : RedCrispy, Andrew Crepes, Bakmi Raos dan lain-lainnya. Selain franchise yang produknya berupa makanan, juga ada franchise yang produknya berupa non makanan dan jasa, misalnya dibidang pendidikan, pengantaran barang, salon, busana dan lain-lain.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli waralaba:

- Apakah Waralaba memang pas untuk anda? setiap tahunnya semakin banyak orang yang bermimpi keluar dari rutinitas 8 pagi – 5 sore dan memiliki sebuah sistem bisnis sendiri (baik self employed atau business owner). Meski begitu namanya membangun bisnis bisa menjadi proses menakutkan. Membangun bisnis dapat dikatakan suatu hal yang memerlukan konsentrasi, fokus dan persistensi yang tinggi.

- Waralaba sering dilihat sebagai bisnis yang lebih kecil risikonya. Waralaba memberikan peluang Anda membuka bisnis sendiri dengan dukungan dan back up dari perawalaba. Namun waralaba tidak selalu cocok bagi semua orang.

- Apakah waralaba merupakan pilihan menarik bagi anda? Waralaba adalah sebuah pilihan yang menarik bagi pebisnis pemula, karena waralaba memungkinkan anda menanamkan uang dalam sebuah sistem yang sudah mapan, telah dicoba dan teruji, dan terbukti keberhasilannya. Namun bagi pebisnis yang sudah malang melintang di dunia wirausaha, mungkin tawaran waralaba sudah tidak begitu menarik lagi.

- Waralaba bukan garansi sukses. Seperti disinggung di bagian atas, apalagi di Indonesia, tingkat kegagalan waralaba masih cukup tinggi, namun demikian sebagai investor waralaba anda akan mendapatkan bantuan dari pewaralaba. Meski demikian Anda tetap perlu memotivasi diri, memiliki gerak dan komitmen kerja keras untuk membangun bisnis yang sukses. Waralaba bukanlah garansi kesuksesan. Meskipun satu tingkatan keberhasilan sudah tercapai, diperlukan kerja keras agar bisa mempertahankan profitabilitas.

- Jika anda memutuskan langsung terjun ke bisnis, persiapkan mental dengan matang, karena ada perbedaan suasana antara “ketidakpastian” di dunia bisnis dan ‘zona nyaman’ di dunia karyawan dengan gaji bulanan yang pasti dan rutin.

- Macam-macam tingkat investasi di dunia waralaba bermacam-macam. Sesuaikan pilihan dengan kemampuan keuangan anda, jangan melebihi kemampuan. Biasanya franchisor akan memberikan informasi seputar kinerja franchisee lainnya sebagai gambaran. Namun, tentu saja ini bukan garansi bagi kesuksesan. Anda perlu meneliti sendiri bisnis yang potensial di sekitar Anda dan bila perlu mencari bantuan profesional dalam membuat proyeksi keuangan. Kalau bisa bicaralah dengan franchisee lain yang membeli waralaba tersebut, bagaimana sistemnya, supportnya, proyeksi keuangannya, potensinya, dll.

Beberapa pertimbangan dalam memilih / membeli franchise atau waralaba antara lain:

1. Apakah merek-nya sudah terkenal dan memiliki image positif di pasar. Karena, membeli franchise bukan hanya sekedar membeli sistem, tetapi merek. Seandainya mereknya belum terkenal, sulit bagi kita untuk memperoleh omzet maksimal karena pasar belum aware terhadap merek franchise tersebut. Selain merek, juga produk dan sistem. Apakah produknya “mumpuni“, kalau produknya berupa makanan, apakah enak, apakah unik, apakah mudah dibuat atau tidak, apakah ada resep rahasia sehingga sulit di tiru pesaing.

2. Siapa di belakang layar. Nah ini juga perlu kita cari tahu, siapa pengembang dibalik nama franchise yang di jual tersbut. Hal ini ibarat kita membeli rumah/ apartemen, tentu kita juga harus melihat kredibilitas pengembang perumahan yang dijual. demikian juga dengan membeli waralaba, jika perlu juga cari informasi tentang pemilik/ pengembang franchise tersebut. Apakah franchisor yang kita minati merupakan perusahaan yang sukses dan kuat, Franchisor wajib memberikan laporan keuangan yang telah diaudit oleh akuntan publik kepada calon pembeli hak waralabanya. Laporan tersebut dapat membrikan informasi keadaan keuangan perusahaan tersebut untuk periode 3 tahun.

3. Tempat. Tempat usaha yang kita pilih mutlak harus staretegis, ramai dan mudah diakses dari mana saja, tempat parkir harus luas. JIka anda melihat tempat usaha McDonnald, kebanyakan berada di tempat yang paling strategis, di belahan dunia manapun, diperempatan jalan, pokoknya tempatnya paling strategis. Maknya tak salah jika ada yang mengatakan bahwa bisnis mereka bukan burger, tetapi properti.

4. Lakukan riset secara umum tentang waralaba yang di incar. Pastikan anda melihat peluang di bidang bisnis yang akan dijalankan. Cari tahu sebanyak mungkin informasi tentang waralaba yang diminati. Misalnya mencari tahu bagaimana tingkat penjualan, sistem support, kelemahan dan kelebihan waralaba tersebut dari franchisee lain yang sudah terlebih dahulu membeli dan menjalankan waralaba tersebut. pastikan waralaba tersebut memiliki bimbingan berkelanjutan dalam pengelolaan merek, pengawasan mutu, manajemen kepegawaian, bimbingan administrasi dan petunjuk teknis lainnya. Seringlah hadir dalam seminar dan pameran franchise untuk mendapatkan sebanyak mungkin informasi dan perbandingan terbaik.

5. Pilihlah waralaba yang sesuai dengan hasrat dan minat anda, dan anda yakin waralaba tersebut akan menguntungkan dalam jangka panjang. Hindari memilih waralaba karena faktor “trend” semata-mata.

6. Pilihlah waralaba yang sesuai dengan modal anda. Beberapa bisnis waralaba ada yang mengalami kegagalan ditengah jalan karena kekurangan modal. Oleh karena itu, untuk meningkatkan peluang keberhasilan, lebih baik untuk memiliki modal labih dari yang disyaratkan franchisor. Disarankan untuk memiliki cadangan dana untuk modal kerja 6 bulan sampai 1 tahun ke depan.

7. Mungkin anda perlu meminta nasihat dari profesional (konsultan waralaba) untuk mendampingi anda.

Berikut Kami Sajikan Data Data Waralaba Indonesia Yang Mungkin Diperlukan Bagi Pencari Usaha Waralaba

1. Nama waralaba : Aladine Kebab

Franchisor : Aladine Kebab
Bidang usaha : Garai Kebab
Keunikan : Garai Kebab cepat saji dan bergizi, dengan isi daging sapi panggang khas timur tengah.
Berdiri : -
Waralaba Fee: sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 21 juta dan Rp 50 juta
Perkiraan BEP : -
Alamat : Jalan Bungur Raya no 88 Kebayoran Lama, Jakarta 12240 . Telp: 021-68708847 / 0856-91623714 . Fax: 021-7397104

2. Nama waralaba: Andrew Crepes
Franchisor : Andrew Crepes
Bidang usaha : Garai crepes
Keunikan : Crepesnya lebih crispy, bahan-bahannya dari villa.
Berdiri : 1999
Mulai waralaba : 2006
waralaba fee : Sistempaket investasi
Total modal awal : Rp 39 juta (belum termasuk sewa tempat)
Alamat : Jl Gunung Sahari 3 no 1 B, Jakarta. Telp: 021-4200952

3. Nama waralaba: Ayam bakar Wong Solo Sepeda motor roda tiga
Franchisor : PT Sarana Bakar Digdaya
Bidang Usaha : Garai kecil RM Wong Solo
Keunikan: Restoran dengan menu rumah makan Ayam oreng Wong Solo yang dijajakan dengan sepeda motor roda tiga
Berdiri : 1991 (wong solo)
Mulai waralaba : 2006 (Wong Solo sepeda motor roda tiga)
Waralaba fee: -
Total Modal awal: Rp 40 juta
Perkiraan BEP:
Alamat : Jalan Gajah Mada no 20 M, Telp/ Fax: (061) 787906 , Hp: 0811611242

4. Nama waralaba : Bakmi Gila
Franchisor: Bakmi Gila
Bidang usaha : Garai bakmi
Keunikan: Garai bakmi yang menawarkan bakmi ramuan sendiri
Berdiri : 2006
Mulai waralaba: 2006
Waralaba fee: Sistem paket investasi
Total modal awal: Rp 6 juta – 19 juta
Alamat : Jl Kemiri Depok Telp: Telp: 021- 92894924

5. Nama waralaba : Bakmi Raos
Franchisor : PT Raos Aneka Pangan
Bidang usaha : Garai Bakmi
Keunikan : Garai Bakmi
Berdiri : 2003
Waralaba Fee: sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 7 juta dan Rp 8 juta
Perkiraan BEP : 9 bulan
Alamat : Kodam Bintaro Permai No 9 R, Jakarta. Telp: (021) 73884908

6. Nama waralaba : Bakso Malang Kota “Cak Eko”
Franchisor : Henky Eko S
Bidang usaha : Garai bakso
Keunikan : bakso khas dengan ramuan buatan sendiri.
Berdiri : 2006
Waralaba Fee: Rp 35 juta (5 tahun)
Total modal awal : Rp 60 juta
Perkiraan BEP : 5 bulan
Alamat / Contact: Henky Eko S, Pemilik Bakso Malang “Cak Eko”. telp: (021) 93846527 / hp: 0811950321, E-mail: henkyes[at]yahoo[dot]com

7. Nama waralaba : Bakso Kota Cak Man
Franchisor : Bakso Kota Cak Man
Bidang usaha : Bakso
Keunikan : -.
Berdiri : 1984
Waralaba Fee: 50 juta
Total modal awal : Rp 110 juta
Perkiraan BEP : 12 bulan
Alamat : Jalan Kedawung ll no 11 Malang Telp: (0341) 474648

8. Nama waralaba : Balon Udara
Franchisor : Balon Udara Franchise Corp
Bidang usaha : Garai penjualan balon
Keunikan : Menjual balon dengan berbagai keperluan: balon iklan, balon remote kontrol, balon dekor, balon buket, balon duduk, balon print, balon gas, balon ritel dan sebagainya.
Berdiri : 1995
Waralaba Fee: Rp 25 juta
Total modal awal : Rp 31 juta (belum termasuk tempat)
Perkiraan BEP : -
Alamat : Jl Dr. Makaliwe 1/9 Grogol, Jakarta Barat 11450 Indonesia. Telp: (021) 5636838 / 5637473 / 9112228 , Fax: 5637472 Hp: 0818-664369

9. Nama waralaba : Barley Bread
Franchisor : Barley Bread Indonesia
Bidang usaha : Garai Roti
Keunikan : Menjual roti gandum dan cake dengan berbagai macam jenis.
Berdiri : 2003
Waralaba Fee: 25 juta (untuk 5 tahun)
Total modal awal : Rp 100 juta (termasuk tempat)
Perkiraan BEP : 1 tahun
Alamat : telp: 0815-99-5000-8

10. Nama waralaba : Boogie
Franchisor : PT Boogie Advindo
Bidang usaha : Garai menjual produk olahraga
Keunikan : Retail roduk perlengkapan olahraga alam bebas- tas, sandal, sepatu, pakaian lapangan, pelampung dan aksesoris perlengkapan alam bebas lainya.
Berdiri : 1991
Waralaba Fee: 5% dari omzet
Total modal awal : Rp 60 juta – 120 juta (diluar sewa tempat)
Perkiraan BEP : 1-2 tahun
Alamat : Jalan Talang raya 28 Bogor, Telp: 0251-371443
Sumber Referensi : Majalah “Duit”.

11. Nama waralaba : BurgerKu
Franchisor : Ocha Foods, Ngediono
Bidang usaha : Garai Burger
Keunikan : Garai burger di booth kecil
Berdiri : 2005
Waralaba Fee:Sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 3,5 juta
Perkiraan BEP : 2 bulan
Alamat/ contact : Ngdiono. Telp: 021-92654359 Fax: 021-88348020. E-mail: ochafoods[at]yahoo[dot]com

12. Nama waralaba : C’lup-C’lup
Franchisor : PT Kreasi Sarana Rekatama
Bidang usaha : Garai makanan hasil laut
Keunikan : Makanan disusun dalam tusuk sate dan dicelupkan kedalam kuah saat akan disantap.
Berdiri : 2002
Waralaba Fee: Rp. 17,5 juta (3 tahun)
Total modal awal : Rp 30 juta (belum termasuk sewa tempat)
Perkiraan BEP : 6 bulan
Alamat : Jl. Raya Kalimalang Bekas, Ruko Bumi Satria Kencana Blok B No 4. Telp: 021-88950934 Fax: 021-88952042

13. Nama waralaba : Campina Scoop Counter
Franchisor : PT Campina Ice Cream Industry
Bidang usaha : Garai Es Krim
Keunikan : Garai Es krim, satu grup dengan es krim Campina, pemain es krim terbesar di Indonesia.
Berdiri :-
Waralaba Fee: sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 4 juta
Perkiraan BEP : 3 bulan
Alamat : Jalan Duri Kosambi no 12 Cingkareng, Jakarta 11750. Telp: 021-5414141 Fax: 021-6194558

14. Nama waralaba : C-Burger
Franchisor : Bogasari Baking Center
Bidang usaha : Garai Burger khas
Keunikan : Burger khas yang dibuat dengan bentuk dan ukuran yang khas dan hasil kreasi Bogasari baking Center (BBC). Garainyadibuat Knock Down dan bisa disambung dengan garai paket BBC lain menjadi mini cafe.
Berdiri : 2004
Waralaba Fee: sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 50 juta
Perkiraan BEP : 12 bulan
Alamat : Jalan Raya Cilincing no 1 Jakarta utara. Telp: 021-4301048 ext 465, 43920174, 43920126/7 Fax: 021-43920127

15. Nama waralaba : Cendol Gading
Franchisor : Wahyu Saidi
Bidang usaha : Garai Cendol
Keunikan : Garai cendol di Gerobak.
Berdiri : 1990 (mulai kemitraan 2004)
Waralaba Fee: sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 3 juta
Perkiraan BEP : 5 bulan
Alamat : Jl Pemuda no 66 Rawamangun Jakarta Timur 13220. Telp: 021-470.4546, Hp: 0818754173

16. Nama waralaba : Cherry Crepes
Franchisor : Edwin DW
Bidang usaha : Garai Crepes
Keunikan : Garai kue dadar
Berdiri :
Waralaba Fee: -
Total modal awal : Rp 11 juta, 18 juta dan 47 juta
Perkiraan BEP : 5 bulan
Alamat : Jl Hamid Rusdi 35/ 27, Malang – Jawa Timur. Telp: 341-320068, Flexi: +62-341-6283633

17. Nama waralaba : Chubby Burger
Franchisor : PT Sacca Prima Axisindo
Bidang usaha : Garai Burger
Keunikan : Burger dengan lapisan daging tebal , gemuk dan chubby. Dibuat dengan proses gril dan saos barbaque spesial.
Berdiri : -
Waralaba Fee: sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 65 juta
Perkiraan BEP : -
Alamat : Tolodong House 3rd Floor Tolodong Atas no 28, Kabayoran baru Jakarta Selatan Telp: 021-5274087

18. Nama waralaba : C-Kanoe
Franchisor : Bogasari Baking Center
Bidang usaha : Garai makanan khas
Keunikan : Makanan hawaiian hotdog yang dikembangkan oleh Bogasari Baking Center (BBC). Garainya dibuat knock-down dan bisa disambung dengan garai paket BBC lain menjadi mini cafe.
Berdiri : 2005
Waralaba Fee: sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 50 juta
Perkiraan BEP : 18 bulan
Alamat : Jalan Raya Cilincing no 1 Jakarta utara. Telp: 021-4301048 ext 465, 43920174, 43920126/7 Fax: 021-43920127

19. Nama waralaba : Coffee Toffee
Franchisor : Hendy Setiono
Bidang usaha : Garai kopi
Keunikan : Kafe drive-thru. Dilayani dicounter khusus, tanpa meja dan kursi.
Berdiri : 2006
Waralaba Fee: sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 35 juta
Perkiraan BEP : -
Alamat : Semolowaru Elok 1 / 17 Surabaya. Telp: 031-70641912. Fax: 031-5949112

20. Nama waralaba : Crepes & Coins
Franchisor : Bogasari Baking Center
Bidang usaha : Garai Crepes
Keunikan : Garai makanan kecil yang berupa kue dadar yang dibuat sedemikian khas.
Berdiri : 2004
Waralaba Fee: sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 43 juta
Perkiraan BEP : 8 bulan
Alamat : Jalan Raya Cilincing no 1 Jakarta utara. Telp: 021-4301048 ext 465, 43920174, 43920126/7 Fax: 021-43920127

21. Nama waralaba : DAG Photo Box Studio
Franchisor : PT. Karya Neon Perdana
Bidang usaha : garai studio foto
Keunikan : Melayani jasa cetak, fotografi baik indoor maupun outdoor, jasa reprodusi foto lama, manifulasi atau perbaikan foto, retouching dll.
Berdiri : 2003
Waralaba Fee: sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 25 juta, Rp 40 juta dan Rp 50 juta
Perkiraan BEP : -
Alamat : Jl Kota bambu selatan 2 no 59 Jakarta 11430. Telp: 021-5608705 Fax:021-6508706. Hp: 08159986076 (Hadi)

22. Nama waralaba : Dobbi Fried Chicken
Franchisor : Dobbi Indonesia
Bidang usaha : Garai Ayam goreng
Keunikan : Waralaba fried Chicken dan burger dengan bumbu rempah-rempah pilihan , tanpa MSG dan pengawet.
Berdiri : -
Waralaba Fee: sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 19 juta s/d Rp 30 juta
Perkiraan BEP : -
Alamat :Jl. Sonokeling no 49 Gejayan, Condong Catur – Yogyakarta. Telp: 0274-7497939, 0812-2956223 Fax: 0274-881737

23. Nama waralaba : Edam Burger
Franchisor : Made Ngurah Bagiana
Bidang usaha : Garai Burger
Keunikan : Garai Burger dengan modal terjangkau.
Berdiri : 1990
Waralaba Fee: sistem paket
Total modal awal : Mulai dari rp. 3 juta
Perkiraan BEP : 2 bulan
Alamat : Jl Malaka Raya no 84 Perumnas klender Jakarta Timur

24. Nama waralaba : Express Crepes & Corn
Franchisor : Express Food
Bidang usaha : Garai crepes dan jagung
Keunikan : Menggabungkan 3 jenis produk, yaitu “Crepes” dan “cup Corn” dan juga minuman “Bubble Drink” dalam satu garai
Berdiri : 2004
Waralaba Fee: sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 7 juta
Perkiraan BEP : 5 bulan
Alamat :Griya Depok Asri A2/ 8 Depok- Indonesia. Telp: 021-7707410 atau 081317774924

25. Nama waralaba : FresCorn
Franchisor : PT Anvic Multi Business
Bidang usaha : Garai jagung pipilan
Keunikan : Garai yang menjual jagung pipilan.
Berdiri : 2001
Waralaba Fee: sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 8 juta
Perkiraan BEP : 1 tahun
Alamat : Jl Klingkit Permai Blok C no 6 Jakarta Barat. Telp: 021-70700398

26. Nama waralaba : Hotdog Booth
Franchisor : PT Mutu Karya Perkasa
Bidang usaha : Garai HotDog
Keunikan : Hotdog dengan ciri sosisnya memiliki aroma smoke (aroma asap) karena dibuat dnegan mesin smoke.
Berdiri : 2004
Waralaba Fee: Rp 7 juta
Total modal awal : Rp 40 juta (belum termasuk tempat)
Perkiraan BEP : 4 bulan
Alamat : Jl Petogogan 1 no 42 Jakarta Selatan. Telp: 021-7393307 Fax: 021-7252711

27. Nama waralaba : Inke
Franchisor : PT. Duta kalingga Pratama
Bidang usaha : Garai Refill Printer
Keunikan : Refill Printer.
Berdiri : 2006 (Indonesia)
Waralaba Fee: sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 55 Juta (diluar sewa tempat)
Perkiraan BEP : 4bulan
Alamat : Jl Griya Agung no 3 Sunter Agung, Jakarta 14350. Telp: 021-6410730

28. Nama waralaba : I-Tutor
Franchisor : PT International Data Networks
Bidang usaha : Franchise Pendidikan
Keunikan : Pendidikan Bahasa inggris, matematika komputer dan lain-lain yang menggunakan kurikulum internasional di Singapura.
Berdiri : 2006 (masuk ek Indonesia)
Waralaba Fee: sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 26 juta (diluar sewa tempat)
Perkiraan BEP : 3 bulan
Alamat : Jl Raya Duri Kosambi no 168 H Cengkareng – jakarta 11750 Telp: 021-5453235/36 Fax: 021-5452986

29. Nama waralaba : Kebab Turki
Franchisor : Hendy Sutiono
Bidang usaha : Garai Kebab
Keunikan : Garai Kebab yaitu makanan khas timur tengah berupa daging sapi panggang yang dibungkus roti khusus.
Berdiri : 2003
Waralaba Fee: sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 40 juta Rp 60 juta dan Rp 80 juta
Perkiraan BEP : 19 bulan
Alamat : Semolowaru Elok 1 / 17 Surabaya. Telp: 031-70641912. Fax: 031-5949112

30. Nama waralaba : Klenger Burger
Franchisor : Velly Kristianti
Bidang usaha : Garai Burger
Keunikan : Garai burger dengan daging yang dipanggang (grill). Motonya : “No Grill, No Way”
Berdiri : 2006
Waralaba Fee: sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 70 juta s/d 100 juta (belum termasuk sewa tempat)
Perkiraan BEP : 10 bulan
Alamat : Klenger Burger, Jalan Raya pekayon no 31 Bekasi Selatan. Telp: 021-8216450; 08176681551

31. Nama waralaba : Lekker Crepes
Franchisor : UD Vita Husada
Bidang usaha : Garai crepes
Keunikan : Garai kue dadar.
Berdiri : -
Waralaba Fee: sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 5 juta
Perkiraan BEP : -
Alamat : Telp: 021-8446169

32. Nama waralaba : Lucky Crepes
Franchisor : Lucky Crepes
Bidang usaha : Garai Crepes
Keunikan : Garai Kue dadar
Berdiri : 2005
Waralaba Fee:
Total modal awal : Rp 5,5 juta
Perkiraan BEP : 6 bulan
Alamat : Jl Delima Depok. Telp: 08159007272

33. Nama waralaba : MagFood Red Crispy
Franchisor : PT. RedCrispy International
Bidang usaha : Garai ayam goreng
Keunikan : Garai ayam goreng yang dikembangkan oleh kelompok usaha MagFood Inovasi Pangan. RedCrispy punya motto: “Harga Lokal, Rasa Internasional”. Ada beberapa pilihan paket: Becak, garai statik kecil dan cafe.
Berdiri : 2001
Waralaba Fee: sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 15 juta, Rp 16 juta, Rp 20 juta dan Rp 30 juta
Perkiraan BEP : 7 – 11 bulan
Alamat : Jl Ciomas 3 no 18, Kebayoran baru, Jakarta Selatan. 12180. Telp: 021-7250449, 7228413, 7395486 Fax: 021-7395486

34. Nama waralaba : Magickink
Franchisor : Magickink Digital workshop & training center
Bidang usaha : Refill center
Keunikan : Refill Center.
Berdiri : 2001
Waralaba Fee: -
Total modal awal : Rp 5 juta
Perkiraan BEP : 1 bulan
Alamat : Jl Pondok Mas V no 69, Cimahi, Bandung, Jawa Barat. Telp: 022-6629863. web: http://magickink.com

35. Nama waralaba : MartaBucks
Franchisor : Bogasari Baking Center
Bidang usaha : Garai Martabak
Keunikan : Martabak yang dikembangkan khusus oleh Bogasari Baking Center (BBC).
Berdiri : 2005
Waralaba Fee: sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 8,5 juta (belum termasuk tempat)
Perkiraan BEP : 8 bulan
Alamat : Jalan Raya Cilincing no 1 Jakarta utara. Telp: 021-4301048 ext 465, 43920174, 43920126/7 Fax: 021-43920127

36. Nama waralaba : Melia Laundry
Franchisor : Cv. Melia
Bidang usaha : Garai Binatu
Keunikan : Jasa pencucian dan Dry Clean secara profesional dengan menggunakan teknologi mutakhir, sehinga bisa melayani proses cuci kilat 1 jam, one day dan sesuai selera konsumen.
Berdiri : 1996
Waralaba Fee: 20 juta
Total modal awal : Rp 60 juta
Perkiraan BEP : -
Alamat : Melia Laundry & Dry Cleaning. Jl Sengon no 1 Janti, Jogjakarta. Telp: 0274-488656

37. Nama waralaba : Mini cafe RedCrispy
Franchisor : PT. RedCrispy International
Bidang usaha : Garai ayam goreng
Keunikan : Garai Cafe mini yang menjual ayam goreng
Berdiri : 2003
Waralaba Fee: sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 70 juta
Perkiraan BEP : 11 bulan
Alamat : Jl Ciomas 3 no 18, Kebayoran baru, Jakarta Selatan. 12180. Telp: 021-7250449, 7228413, 7395486 Fax: 021-7395486

38. Nama waralaba : MKExpress
Franchisor : PT Megantara Kencana Express
Bidang usaha : Garai Kurir
Keunikan : Garai kurir sehari sampai.
Berdiri : -
Waralaba Fee: sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 20 juta (diluar sewa tempat)
Perkiraan BEP : 2 tahn
Alamat :Wisma Fajar d/h Fairbanks Blok B Lt 2 no 23. Jl Pintu 1 Senayan jakarta 10270. Telp: 021-70919914 Fax: 021-5742342

39. Nama waralaba : Mr. Burger
Franchisor : PT Gempita Indonesia Muda
Bidang usaha : Garai Burger
Keunikan : Garai Burger, paket investasinya dari yang kecil hingga berbentuk cafe.
Berdiri : 2005
Waralaba Fee: sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 3 juta (mini counter), Rp 39 juta (counter oval/ kios), Rp 150 – 250 juta (cafe) dan Rp 500 juta (restoran)
Perkiraan BEP : 2 tahun
Alamat : Jl Raya Moh. Kahfi 1 no 33, Ciganjur Jakarta 12630 Telp: 021-788922 Fax: 021-78892203

40. Nama waralaba : PanelNeon
Franchisor : PT JPG Technology
Bidang usaha : Garai neon panel
Keunikan : Memproduksi neon panel yaitu semacam neon box dengan teknologi baru yang dikembangkan PT JPG sehinggga neonbox yang dihasilkan lebih kaya warna dan bentuk gambar yang ingin ditampilkan lebih banyak .
Berdiri : 2000
Waralaba Fee: sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 125 juta
Perkiraan BEP : 3 bulan
Alamat : Jl Pondok Mas V / 69 Baros – Cimahi, Bandung- Jawa Barat. Telp: 022-70123440

41. Nama waralaba : Piccazzo Burger
Franchisor : PT Gastorama Indonesia
Bidang usaha : Garai Burger
Keunikan : Garai burger yang meski dijual digarai kecil sasaran pangsa pasarnya menengah keatas.
Berdiri : 2002
Waralaba Fee: sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 4,1 juta (Belum termasuk tempat)
Perkiraan BEP : 2 bulan
Alamat : Jl Sunter Karya Timur 2 A Blok HB 4 no 7A Sunter Agung, Jakarta Utara 14350. Telp: 021-6518577 Fax: 021-65305476

42. Nama waralaba : P-Man
Franchisor : P-Man
Bidang usaha : Garai pidsng goreng
Keunikan : Garai pisang goreng yang menjadi pelopor pisang goreng dengan rasa premium, kreatif dan inovatif.
Berdiri : -
Waralaba Fee: 36 juta (3 tahun)
Total modal awal : Rp 45 juta (belum termasuk tempat)
Perkiraan BEP : 1 tahun
Alamat : Jl Raya pasar minggu no 34 B, Jakarta Selatan. Telp: 021- 7974573 Fax: 021-7974573 Hp: 08161341327

43. Nama waralaba : Pop Licks
Franchisor : PT Popindo Selera Prima
Bidang usaha : Garai Es Krim
Keunikan : Garai Es krim yang dikembangkan oleh PT Popindo Selera Prima.
Berdiri : -
Waralaba Fee: sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 18 juta
Perkiraan BEP : 20 bulan
Alamat : Komplek Green Garden Blok D1 / 1 C Jakarta Barat 12530. Telp: 021-5817470 Fax: 021-5817427

44. Nama waralaba : Salsa Chicken & Burger
Franchisor : Salsa chicken & Burger
Bidang usaha : Garai Kebab
Keunikan : Garai burger dan ayam goreng. Garainya kecil dengan konsep mini restoran yang menyediakan ayam goreng, burger dan soft drink-nya.
Berdiri : 2006
Waralaba Fee: sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 7 juta
Perkiraan BEP : 6 bulan
Alamat : Jl Masjid An-Nur no 24 Menteng Dalam, Jakarta Selatan. Telp: 021-93115502, 93115501, 70306211

45. Nama waralaba : Senyum Muslim
Franchisor : PT Senyummuslim Waralaba Indonesia
Bidang usaha : Toko buku
Keunikan : Toko buku islam. Selain menjual buku dan majalah islam juga menjual pakaian muslim.
Berdiri : 2005
Waralaba Fee: sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 25 juta
Perkiraan BEP : 6 bulan
Alamat : Jl Tebet Timur Dalam 8 no 21 Jakarta Selatan 12820.Telp: 021-8314184 / 70321814 Fax: 021-8301558

46. Nama waralaba : Shafira
Franchisor : PT Shafira Laras Persada
Bidang usaha : Toko busana muslim
Keunikan : Garai busana muslim.
Berdiri : 1989 (mulai franchise 2006)
Waralaba Fee: sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 50 juta
Perkiraan BEP : 2 tahun
Alamat : Jl Buah Batu no 165 B bandung. Telp: 022- 7316301 Fax: 022-7314476

47. Nama waralaba : Sport Bordir
Franchisor : PT JPG Technology
Bidang usaha : Garai Bordir
Keunikan : Garai bordir model baru , yakni model model tanpa benang dan jarum. Barang akan dibordir sangat beragam, mulai dari bahan katun hingga bahan kulit untuk dompet atau tas.
Berdiri : -
Waralaba Fee: sistem paket investasi
Total modal awal : Rp 65 juta
Perkiraan BEP : 6 bulan
Alamat : JPG Technology Ltd Jl Pondok Mas V no 69 Baros- Cimahi- Bandung 40532 Telp: 022-6629863 / 70232328 Fax: 022-6644939, 70123441. Http://sportbordir.com

48. Nama waralaba : Star Express
Franchisor : PT Star Express Logistik
Bidang usaha : Garai Kurir
Keunikan : Garai Kurir dari kelompok star grup
Berdiri : 2003 (mulai franchise 2006)
Waralaba Fee: -
Total modal awal : Rp 35 juta
Perkiraan BEP : -
Alamat : Jl Jendral Basuki Rahmat. No 21 Cipinang besar selatan , Telp: 021-8568282 Fax: 021-8566098

49. Nama waralaba : Ta B’nana
Franchisor : Ta B’nana (Ery Ashok)
Bidang usaha : Garai pisang goreng
Keunikan : Garai pisang goreng crispy, ramuannya crispynya buatan sendiri.
Berdiri : 2004 (franchis mulai 2006)
Waralaba Fee: -
Total modal awal : Rp 20 juta
Perkiraan BEP : -
Alamat : Jl Boulevard Raya blok TN 2 / 29 Kelapa gading permai jakarta. Telp: 021-70228469 , 70743589

50. Nama waralaba : Tiki
Franchisor : PT Tiki jalur nugraha eka kurir
Bidang usaha : Jasa kurir
Keunikan : Agen kurui dari PT tiki, perusahaan kurir nasional.
Berdiri : 1990 (mulai franchise 1997)
Waralaba Fee:
Total modal awal : Rp 20 juta (franchise 6,5 juta)
Perkiraan BEP : -
Alamat : Jl Tomang Raya no 11 Jakarta, 11440 Telp: 021-5665262 fax; 5671413

Sumber: Tabloid Duit !

10 Waralaba Terbaik Dunia Tahun 2009

Sebagai majalah usaha kelas dunia,majalah entrepreneur seperti majalah lainnya setiap tahun selalu melakukan riset usaha,terutama perkembangan yang akan di peringkatan untuk menjadi acuan bagi pelaku usaha lainnya,termasuk dengan perusahaan Waralaba atau Franchise.

Setiap tahun majalah entrepreneur mengeluarkan peringkat 500 Waralaba atau Franchise Terbaik Dunia,termasuk pada tahun 2009 ini,seperti yang dipublikasikan pada websitenya ,majalah entrepreneur mempublish 10 Waralaba Terbaik Dunia Tahun 2009,inilah ke 10 Waralaba Terbaik tersebut;

1. Subway ( Submarine sandwiches & salads )
berdiri 1974, Ranking 2008: #2, biaya mulai $78,600 to $238,300
website : http://subway.com

2. McDonalds ( Hamburgers, chicken, salads )
berdiri 1955, Ranking 2008: #5, biaya mulai $950,200 to $1,8 million
website : http://mcdonalds.com

3. Liberty Tax Service (Income-tax preparation )
berdiri 1973, Ranking 2008: #23, biaya mulai $53,800 to $66,900
website : http://libertytax.com

4. Sonic Drive In Restaurants ( Drive-in restaurant )
berdiri 1959, Ranking 2008: #6, biaya mulai $1,2 million to $3,2 million
website: http://sonicdrivein.com

5. InterContinental Hotels Group ( Hotels)
berdiri 1954, Ranking 2008: #8, biaya mulai variasi
website : http://ichotelsgroup.com

6. Ace Hardware (Hardware & home improvement store)
berdiri 1976, Ranking 2008: #12, biaya mulai $243,500 to $1 million
website : http://acehardware.com

7. Pizza Hut (Pizza)
berdiri 1959, Ranking 2008: #4, biaya mulai $638,000 to $2.97 million
website : http://pizzahut.com

8. The UPS Store/mail boxes (Postal, business & communications services)
berdiri 1980, Ranking 2008: #11, biaya mulai $171,200 to $280,000
website : http://theupsstore.com

9. Circle K (Convenience store)
berdiri 1995, Ranking 2008: #17, biaya mulai $161,000 to $1,4 million
website : http://circlek.com

10. Papa John’s Int’l. Inc. (Pizza)
berdiri 1986, Ranking 2008: #36, biaya mulai $135,800 to $491,600 million
website : http://papajohns.com

Tidak ada komentar: